KENAPA HARUS BELAJAR MATEMATIKA? Skip to main content

Postingan Utama

KENAPA HARUS BELAJAR MATEMATIKA?

Siapa yang tidak kenal mata pelajaran matematika? Momok bagi sebagian besar siswa.
Apa itu matematika? Kenapa matemaika dirasa sulit? Sebenarnya belum ada kesepakatan dari para ahli matematika mengenai definisi matematika itu sendiri. Mereka mempunyai definisi dan pemahaman sendiri-sendiri, akan tetapi secara umum matematika merupakan Ilmu berfikir. Belajar matematika berarti kita belajar berfikir, berfikir sistematis dan logis. Mudah tidaknya kita belajar matematika bergantung pada niat kita belajar, jika kita mau berfikir maka matematika akan mudah, akan tetapi jika kita malas berfikir matematika akan terasa sangat sulit.
Kenapa kita harus belajar matematika? Seperti yang sudah kita bahas di atas, matematika merupakan ilmu berfikir, dengan belajar matematika kita akan berlatih untuk berfikir secara sistematis dan logis. Matematika menuntut kita untuk mampu menyelesaikan suatu masalah yang telah dimodelkan dalam bentuk soal-soal matematika. Permasalahan dalam soal-soal tersebut merupakan gambaran/model dari masalah kehidupan. Jadi belajar matematika sama hal nya dengan belajar atau berlatih memecahkan masalah kehidupan. Mungkin anda belum merasakan manfaat tersebut, akan tetapi manfaat tersebut pasti akan anda rasakan di kemudian hari.
Dalam kurikulum sekolah (kurikulum 2013) SMP dan SMA, matematika menjadi pelajaran pokok. Bahkan dalam matematika SMA, pelajaran matematika dipecah menjadi dua kelompok yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Pengelompokan ini mengikuti sistem pengelompokan mata pelajaran matematika pada tes masuk perguruan tinggi negeri. Dalam tes masuk perguruan tinggi negeri matematika dikelompokan menjadi matematika dasar dan matematika IPA. Matematika wajib diberikan ke semua program jurusan, baik IPA maupun IPS, sedangkan matematika peminatan hanya diberikan ke program IPA saja. Dalam tes masuk perguruan tinggi negeri, matematika dasar menjadi bagian dari TKDU dimana baik yang mengambil kelompok Soshum (Sosial Humaniora) maupun yang mengambil kelompok Sainstek akan mendapat tes matematika dasar, sedangkan matematika IPA hanya terdapat di tes TKD Sainstek saja yang artinya hanya yang mengambil kelompok Sainstek lah yang akan mendapat tes matematika IPA. Sehingga dapat dikatakan matematika wajib sama dengan matematika dasar, matematika peminatan sama dengan matematika IPA.
Belajar matematika bukanlah tentang hafalan, melainkan pemahaman konsep. Hafalan kita bisa lupa akan tetapi jika kita sudah paham kita bisa menyelesaikan soal soal yang ada. Kurikulum 2013 maupun KTSP telah disusun pemerintah sedemikian sehingga sesuai dengan siswa jaman sekarang. Kurikulum 2014 yang lebih baru telah disesuaikan dengan perkembangan jaman yang akan berguna untuk masa depan.

Comments

Popular Posts